Jumat, 12 April 2013

Benarkah Lompat-Tali Dapat Menahan Rasa Lapar?

[caption id="" align="aligncenter" width="358"]Jump Roping photo from http://healthyliving.azcentral.com[/caption]




Menghabiskan waktu beberapa menit dengan lompat-tali menjadi cara terbaik untuk menahan rasa lapar dan menurunkan berat badan, hal ini merujuk pada penelitian terbaru tentunya.



Peneliti dari Waseda University, Jepang, mencoba mengetahui secara pasti olahraga apa yang harus dilakukan dalam mengontrol nafsu makan. Mereka juga membandingkan antara bersepeda dan lompat-tali.


Bersepeda menyehatkan, namun olahraga tersebut tidak dapat menahan rasa lapar seperti yang bisa dilakukan pada lompat-tali.


Peneliti menduga gerakan meloncat secara konstan pada lompat-tali, bisa mengganggu usus sehingga menghambat produksi hormon yang menyebabkan rasa lapar.


“Hal ini benar, kami bisa membuktikannya. Seseorang akan menahan lebih lama rasa lapar jika mereka melakukan lompat-tali dibandingkan ketika mereka bersepeda, meskipun energi yang dikeluarkan kedua latihan tadi adalah sama banyaknya,” tulis peneliti dalam jurnal Appetite yang dikutip dari Daily Mail.


Lompat-tali itu sendiri diklasifikasikan sebagai latihan beban atau olahraga dengan beban. Beberapa tipe olahraga yang sama dengan itu diantaranya adalah aerobik, berjalan santai, jogging, dan lari.


Peneliti juga menambahkan bahwa dibutuhkan analisa lebih lanjut dari alasan mengapa latihan memiliki dampak khusus pada nafsu makan seseorang.




Sumber : Medic Magic


Tidak ada komentar:

Posting Komentar