Minggu, 18 Desember 2011

Hand Sanitizer , si Pelindung Yang Praktis

[caption id="attachment_1438" align="aligncenter" width="237" caption="using-hand-sanitizer / photo from http://medicmagic.net"]using-hand-sanitizer / photo from http://medicmagic.net[/caption]

Menjaga kesehatan diri sendiri bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana, seperti menjaga tangan tetap bersih, entah ketika atau saat akan makan atau melakukan hal lain. Saat ini, ketika Anda dalam perjalanan, tak perlu lagi repot mencari air bersih untuk mencuci tangan, karena di pasaran juga sudah banyak macam-macam hand sanitizer, tinggal Anda pilih saja mana yang lebih cocok untuk Anda, cukup praktis bukan?

Namun ada yang perlu diperhatikan ketika Anda memilih pembersih tangan berbasis cairan alkohol, Anda harus perhatikan jenisnya. Anda jangan mudah percaya dengan kemanjurannya untuk membunuh kuma hingga 99.9 persen. Menurut MedicMagic, sebaiknya Anda membaca berhubungan intimama kadar alkohol yang biasanya tercetak di bagian belakang label kemasan. Pastikan kandungan alkoholnya mencapai 60% atau lebih. Karena, banyak pembersih tangan yang mengandung 40% alkohol.

Selain memeriksa kandungan alkoholnya, perhatikan juga bagaimana cara menerapkan yang benar. Untuk mendapatkan tangan yang higienis, sepertinya tak ada salahnya Anda  menyimak beberapa tips dibawah ini, menurut Galtime.com ;

  • Tuangkan cairan pembersih sekitar seperempat di telapak tangan. Pastikan itu cukup untuk membasahi seluruh telapak, jari sampai punggung tangan.

  • Gosok seluruh tangan selama 20-30 detik, jangan hanya fokus pada telapak tangan saja, tapi juga antara jari-jari, kuku dan punggung tangan.

  • Biarkan tangan Anda kering di udara. Ketika tangan masih basah, jangan membilasnya dengan air dan menghapusnya dengan handuk atau tisu.


Center for Disease Control and Prevetion (CDC), di Amerika Serikat, mengingatkan akan pentingnya menjaga kebersihan tangan untuk mendukung kesehatan umum. Kebersihan tangan juga memainkan peran penting pada pencegahan penularan Virus Influenza .Meskipun pembersih tangan menjadi alternatif yang praktis, namun disarankan untuk menangkal kuman, mencuci dengan sabun dan air adalah cara yang lebih baik.

Namun, untuk berjaga-jaga jika Anda kesulitan mendapatkan air di perjalanan, membawa sebotol hand sanitizer di tas Anda bukan hal yang sia-sia.

Sumber : MedicMagic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar