Selasa, 20 Desember 2011

Tips Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda

[caption id="attachment_1653" align="aligncenter" width="300"]grey hair1 / photo from http://scienceline.org grey hair1 / photo from http://scienceline.org[/caption]

Kadang memang kesal jika ketika Anda sudah berdandan cantik namun ternyata sekilas terlihat muncul beberapa rambut putih yang tidak Anda sadari selama ini. Yah, memiliki rambut yang agak beruban sebelum usia menginjak umur 30-an memang terasa aneh. Oleh karena itu,  baca deh tips-tips dibawah ini untuk menghindari munculnya rambut beruban.


Hal-hal dibawah ini mungkin akan menunda tumbuhnya uban di rambut Anda. Rambut bisa menjadi abu-abu sebelumnya dikarenakan beberapa faktor, seperti keturunan, stress (semua orang bisa mengalami stress hari ini), dan juga penyakit atau kekurangan nutrisi yang mengurangi produksi melanin. Meskipun Anda tidak bisa menghentikan pertumbuhan rambut uban sebelum waktunya, bisa saja Anda melakukan pencegahan-pencegahan seperti di bawah ini ;


Hindari Stress


Memang lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan. Namun, jika ternyata stress yang membuat Anda mengalami uban yang sebelum waktunya, maka sepertinya Anda perlu cari tahu cara untuk mengalahkan tekanan itu. Siasati perasaan tekanan itu dengan membuat diri Anda tetap tenang, bermeditasilah atau mungkin berolahraga ringan  untuk membuat Anda lebih santai.


Labu


Labu bisa memperkaya akar rambut serta memulihkan pigmen. Caranya,  keringkan potongan-potongan labu tersebut lalu rendam dalam minyak kelapa selama tiga hari, kemudian didihkan ramuan itu sampai terlihat sisa atau ampas hitam tertinggal. Pijat kulit kepala dengan ramuan itu dan biarkan selama beberapa waktu sebelum akhirnya Anda membilasnya.


Asupan Makanan


Selain kedua hal diatas, asupan makanan juga bisa berpengaruh terhadap si rambut uban itu. Coba deh, Anda  pastikan untuk memasukan asupan makanan yang kaya akan protein, zat besi, mineral, yodium dan Vitamin A dan B dalam susunan makanan Anda.




Sumber : Times of India


Tidak ada komentar:

Posting Komentar