Selasa, 06 Desember 2011

Potong Rambut Teratur Untuk Rambut Kuat

[caption id="attachment_1172" align="aligncenter" width="300" caption="Cutting-Long-Hair / photo from hwww.howtolonghair.com"]Cutting-Long-Hair / photo from hwww.howtolonghair.com[/caption]

Menurut sebagian pria, wanita terlihat cantik bila berambut panjang. Well, terlepas dari tipe pria yang berbeda-beda, sepertinya memiliki rambut yang sehat tentu menjadi idaman setiap wanita dan para pria pasti menyukainya.

Sebenarnya cukup mudah kok untuk merawat rambut tetap sehat, memotong rambut setiap 6-8 minggu disinyalir cukup baik untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat dan itupun tak perlu memotong rambut banyak, cukup dengan memotong ujung rambutnya saja.

Mencegah ujung rambut yang bercabang dan menjaga lapisan rambut tetap kuat bisa disiasati dengan memotong rambut secara teratur. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), rata-rata pertumbuhan rambut itu 0.5 hingga 1 inch setiap bulannya. Namun pada saat tertentu, beberapa akar rambut akan mengalami kekosongan pertumbuhan sekitar 15% lebih dan pada akhirnya rontok.

Diperkirakan ada sekitar 3 bulan, tidak ada kegiatan dalam folikel. Itu artinya, bahwa pada suatu waltu tertentu tidak ada pertumbuhan rambut pada kepala, itulah mengapa dengan memotong rambut setiap 2 bulan sekali pertumbuhan rambut bisa dipertahankan.

Biasanya orang akan kehilang 50 – 100 helai rambut setiap harinya, baik karena proses yang normal ataupun karena merusak. Menurut Howstuffworks, rambut yang tidak pernah dipotong, bisa terus tumbuh rata-rata 2-6 tahun tergantung pada karakteristik rambut. Jika lebih dari 6 tahun, rambut tidak akan tumbuh lagi atau mati.

Bagi yang sering melakukan blow-dry Memiliki rambut dipotong setiap 1,5 sampai 2 bulan ini juga cocok untuk rambut yang sering di blow-dry, berwarna atau terlalu sering terkena sinar matahari juga direkomendasikan untuk memotong rambut setiap 1.5 hingga 2 bulan sekali. Rambut juga bisa berhenti tumbuh karena beberapa faktor, termasuk ketidakseimbangan kehamilan, menyusui, malnutrisi atau hormonal.

Cara terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut selain memotong ujung rambut, adalah dengan  memakan makanan yang kaya akan protein, seperti daging, kedelai telur, dan kacang-kacangan yang dikemas dengan protein untuk membangun sel-sel yang kuat di seluruh tubuh. Suplemen seperti vitamin E dan D juga bisa    memdorong rambut sehat dan dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut secara keseluruhan.

Rambut terdiri dari tiga lapisan. Lapisan atas adalah lapisan asam amino yang kuat, pada tahap ini dikenal sebagai kutikula.Lapisan tengah juga terbuat dari protein, yaitu kerak atau crust. Dan lapisan terakhir tidak ada pada rambut tipis atau pirang, yang merupakan lapisan yang disebut medulla.

Hampir 91 persen dari rambut dibuat  dengan protein dan komposisi asam amino. Memotong rambut secara teratur dapat membuat lapisan rambut tetap kuat dan mencegah ujung rambut yang bercabang. Bukan hanya membuat rambut sehat, memotong rambut teratur juga sepertinya membuat tampilan Anda tidak terlihat membosankan.

Sumber : MedicMagic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar