Selasa, 07 Februari 2012

Keragaman Teh Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

[caption id="attachment_2711" align="aligncenter" width="300" caption="red_tea / photo from http://healthcentrics.net"]red_tea / photo from http://healthcentrics.net[/caption]

Anda tahu tidak, jika teh itu memiliki banyak keragaman jenis? Jika selama ini yang paling populer adalah teh hijau, ternyata ada loh jenis teh lainnya seperti teh hitam, teh putih dan teh merah dan banyak lagi. Tak berbeda dengan teh hijau, teh-teh ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Apa saja itu? seperti yang dilansir dari Shine  Yahoo!, ini penjelasannya...

  • Keistimewaan yang terkandung teh hijau ialah sifatnya yang bisa melawan kanker.


Sebuah catechin yang dinamakan EGCG yang ditemukan dalam teh hijau memiliki keterkaitan dalam berbagai penelitian untuk pengurangan tingkat kanker. Ini bisa membantu dalam pengurangan jenis kanker berikut ini; usus kandung kemih, esophagus, pankreas, rektum dan lambung.

  • Dengan mengonsumsi teh hijau dikaitkan dengan rendahnya resiko penyaktik arteri koroner.


Dalam sebuah penelitian di Jepang, peneliti menemukan bahwa semakin banyak teh hijau yang Anda minum, semakin sedikit kesempatan Anda akan memiliki resiko terkena penyakit arteri koroner.

  • Teh hijau bisa menurunkan resiko penggumpalan darah dan stroke


Menurut Jonny Bowden, Ph.D dalam “150 Healthiest Foods on the Planet”, mengatakan bahwa teh hijau juga menurunkan fibrinogen, yang merupakan zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan pembekuan dan stroke.

  • Teh hitam bisa membantu menenangkan tekanan hidup


Sebuah penelitian tahun 2010 yang dilakukan oleh UUCL (University College London) menemukan bahwa mereka yang minum secangkir teh hitam bisa menurunkan stress lebih cepat dibandingkan mereka yang minum plasebo.

  • Minum teh hijau menghasilkan pengurangan resiko kanker payudara



  • Roobios ( sebuah teh herbal yang bebas kafein) , bisa mengurangi dan mengobati penyakit metabolik.



  • Roobios dan Honeybush bisa membantu dalam kanker kulit.


Dalam sebuah penelitian, rooibos dan ektrak honeybush pada kanker kulit pada tikus, memberikan harapan untuk studi manusia di masa depan.

  • Rooibos bisa menjadi sebuah anti-penuaan


Setidaknya sebuah penelitian dengan burung puyuh ditenukan bahwa itu membantu kemampuan produksi telur mereka lebih lama. Karena burung adalah hewan yang diusulkan untuk penelitian anti-penuaan, pegangan ini diharapkan bisa membantu manusia juga.

  • Teh Putih ditemukan bisa menjadi lebih protektif terhadap stress oksidatif bila dibandingkan dengan teh hijau.



  • Teh Rooibos ( baik merah dan hijau) terbukti memiliki perlindungan tertinggi untuk kesburan pria terhadap stress oksidatif


Dalam sebuah penelitian yang menguji stress oksidatif mengurangi sifat suplemen yang terbuat dari teh hijau, rooibos merah, rooibos hijau, atau teh cina, ekstrak rooibos paling membantu dalam melindungu kesehatan sperma.

Meminum berbagai teh telah terbukti menjadi bagian dari gaya hidup yang sehat. Ditambah lagi, setelah mengalami hari-hari yang melelahkan setelah beraktivitas, memang terasa menenangkan jika dilengkapi teh hangat sesudahnya. Nah, jenis apa yang menjadi teh kesukaan Anda?

Sumber : SHINE YAHOO!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar