Rabu, 22 Februari 2012

Menggosok Gigi Dapat Mencegah Meningitis

[caption id="attachment_2891" align="aligncenter" width="300" caption="teeth_ / photo from http://www.telegraph.co.uk"]teeth_ / photo from http://www.telegraph.co.uk[/caption]

Menyikat gigi dan flossing secara teratur bisa membantu mencegah meningitis, hal itu didapat karena ada sebuah penelitian yang mengidentifikasi adanya keterkaitan antara jenis bakteri mulut dengan penyakit.

Para peneliti di Zurich menemukan bakteria yang baru diidentifikasi, yakni Streptococcus Tigurinus dalam darah seorang pasien dengan meningitis. Mereka juga menemukan itu pada mereka dengan spondylodiscitis atau peradangan pada tulang belakang, dan jenis penyakit jantung yang disebut endocarditis.

“Tampaknya bakteria memiliki potensi alam yang bisa menyebabkan penyakit parah,” kata Dr Andrea Zbinden, yang memipin penelitian tersebut.

Dia menambahkan, itu bisa masuk ke aliran darah melalui gusi berdarah, meskipun dia mencatat bahwa “resiko tertentunya” belum ditentukan. Studi ini diterbitkan dalam International Journal of Systematic and Evolutionary Microbiology.

Meningitis, merupakan pembengkakan jaringan di sekitar otak, yang bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya, dan itu bisa berakibat fatal.

Selama beberapa tahun terakhir para ilmuwan menemukan bahwa bakteri mulut tertentu bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke dengan memecahkan aliran darah keluar dan menyebabkan pembekuan darah.

Sumber : Telegraph

Tidak ada komentar:

Posting Komentar