Jumat, 31 Agustus 2012

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Gigi

[caption id="attachment_839" align="aligncenter" width="225" caption="dental health - photo from www.everydayhealth.com"]dental health - photo from www.everydayhealth.com[/caption]

Kesehatan gigi yang baik  tentu bisa menambah rasa percaya diri seseorang. Terkadang, kita tidak menyadari bahwa makanan yang sering dijumpai bahkan makanan kesukaan kita bisa menjadi sumber kerusakan gigi. Setidaknya, ada lima macam hal yang bisa merusak kesehatan gigi kita seperti yang dilansir dari medicmagic.

1.      Konsumsi Apel

Beberapa jenis apel menurut ilmuwan mengandung empat sendok teh gula yang bisa meningkatkan keasaman mulut yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan gigi.  Namun di sisi lain apel juga mengandung kalsium yang dikenal bisa menetralkan asam dan memperkuat jaringan tulang,  termasuk gigi.

David Bartlett seorang Kepala Departemen dari Prosthodontics di King’s College, mengatakan, masalahnya bukan dari apa yang kita makan melainkan bagaimana cara kita memakannya. Ketika seseorang makan apel dengan perlahan, kadar asam yang  tinggi memiliki banyak waktu untuk merusak gigi.

Penemuan ini disimpulkan berdasarkan penelitian yang melibatkan 1000 orang yag berusia 18-30 tahun. Hasilnya ditemukan bahwa responden penyuka apel memiliki resiko 3,7 lebih besar mengalami kerusakan gigi.

 2.     Minuman   

Anggur, bir, dan jus buah memberikan resiko empat kali lebih besar kerusakan gigi dan bahkan lebih tinggi ketika dikonsumsi secara teratur,  Namun  jus buah adalah minuman sehat daripada yang lain. Oleh karena itu, kamu bisa menyiasatinya dengan  menggunakan sedotan atau membuat jus buah segar tanpa gula.

3.     Sereal

Yang dimaksud adalah sereal yang dibentuk menjadi batangan. Batangan sereal ini mengandung gula dalam jumlah besar yang tidak baik untuk kesehatan gigi Anda

 4.     Menyikat Gigi Setelah Makan

Sebaiknya jangan menyikat gigi langsung setelah kamu makan karena bisa merusak gigi kamu.  Ketika makan, enamel gigi melunak karena asam, sehingga sangat rentan dan rapuh, kamu akan membuat kerusakan yang lebih jika menyikat gigi segera setelah makan. Jadi, lebih baik jika kamu menyikat gigi sekitar 30 menit setelah kamu makan.

 5.  Permen Karet

Yah, ini masih menjadi kontroversi. Ada sebagian  dokter gigi yang  mengatakan permen karet yang baik untuk gigi, sementara yang lain mengatakan tidak. Ini memang masih menjadi kontroversi, bagi beberapa dokter gigi ada yang mengatakan permen karet baik bagi gigi, sementara yang lain tidak.

Menurut Dr. Junket dari Boston University, beberapa permen bebas gula, terutama mereka dengan rasa buah, mengandung kadar asam yang cukup tinggi. Asam ini akan mempengaruhi enamel gigi dan meningkatkan kesehatan gigi kerusakan. Namun, penelitian telah menunjukan mengyunah permen karet setelah makan besar ataupun ngemil, bisa menguragi 40% resiko kekurangan gigi. Mengunyah permen karet efektif ketika dikunyah selama 20 menit setelah makan, ketika asam mulut sedang aktif.

sumber : MedicMagic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar