Minggu, 26 Agustus 2012

Manfaat Rumput Laut Untuk Kurangi Berat Badan

 Apa yang terlintas di benak Anda tentang rumput laut? Menurut peneliti, menyantap rumput laut saat makan malam bisa mencegah serangan jantung. Di dalamnya para peneliti telah menemukan bahan-bahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, mirip dengan obat yang biasa diresepkan.

[caption id="attachment_658" align="aligncenter" width="300" caption="Rumput laut"]Rumput laut[/caption]

Dalam sebuah studi besar, disebutkan rumput laut merupakan sumber yang kaya akan protein yang dikenal sebagai peptida bioaktif – yang juga ditemukan dalam susu.  Bahan kimia yang juga memiliki efek yang sama dengan obat ACE inhibitor, obat yang secara luas diresepkan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung dan stroke.

Rumput laut telah menjadi makanan pokok dari makanan Jepang selama berabad-abad, varietas yang terkenal adalah Wakam, yang digunakan dalam Sup misoKombu dan Nori yang telah dikeringkan dan digunakan untuk membungkus Sushi.

Dr. Maria Hayes dari Pusat Penelitian Makanan Teagasc di Dublin, mengatakan rumput laut – yang dikenal sebagai macroalgae – merupakan sumber yang berasal dari bahan-bahan yang sehat namun belum dimanfaatkan.

Melihat bukti dari 100 penelitian lainnya,  penelitian ini diterbitkan dalam jurnal American Chemical Society of Agricultural and Food Chemistry. Seperti yang dikutip dari DailyMail, dalam laporannya disebutkan, “Berbagai spesies Macroalgae dari lingkungan dimana mereka ditemukan dan kemudahan budidaya membuat alga menjadi sumber yang relatif belum dimanfaatkan dari senyawa bioaktif baru. Dibutuhkan banyak upaya sepenuhnya untuk memanfaatkan potensi mereka untuk digunakan dan pengiriman ke konsumen dalam produk makanan.”

Bagaimana kalau untuk menurunkan berat badan?  selain karena rumput laut itu rendah kalori, beberapa ilmuwan mengklaim rumput laut bisa membantu penurunan berat badan dengan cara mencegah penyerapan lemak, peneliti Jepang baru-baru ini menemukan bahwa tikus yang diberi makan jenis rumput laut tertentu kehilangan 10 persen berat badan mereka.

sumber : www.glowupmagazine.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar