Rabu, 28 November 2012

Mau Sehat? Warnai Makananmu!

Mau Sehat? Warnai Makananmu!


[caption id="attachment_4612" align="aligncenter" width="300"]Colurful Food. Image from Google Image. Colurful Food. Image from Google Image.[/caption]

Wah, nggak salah nih? Bukankah pewarna makanan buatan memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan? Bagaimana mewarnai makanan akan membuat tubuh jadi sehat? Penasaran? Yuk, baca terus artikel ini..


Ternyata makan pun ada caranya! Bukan hanya bahan makanan apa saja yang perlu kamu konsumsi untuk tetap sehat, tapi juga bagaimana cara makan yang sehat. Cara makan yang sehat ini meliputi pola makan, kecepatan makan, porsi, dan tentunya komposisi makanan. Berikut ini cara-cara makan yang sehat yang bisa kamu ikuti:


Jangan lewatkan sarapan


Sarapan merupakan energi awal yang sangat penting untuk mengimbangi aktivitas kamu sepanjang hari. Perbanyak protein di saat sarapan untuk memberikan nutrisi bagi otak dan konsumsi karbohidrat secukupnya sebagai sumber energi. Konsumsi karbohidrat yang berlebihan dapat menyebabkan kantuk di pagi hari. Banyak orang melewatkan sarapan dengan alasan diet. Padahal hal tersebut justru menjadi bumerang bagi mereka. Melewatkan sarapan akan membuat kamu kelaparan di sore hari sehingga memperbesar dorongan untuk ngemil.


Makan perlahan


Kunyahlah makananmu dengan baik sehingga nutrisi dari makanan dapat diserap dengan lebih baik oleh tubuh. Mengunyah sekadarnya hanya membuat aktivitas makan berakhir dengan cepat dan membuatmu lapar lebih cepat pula. Nikmatilah makananmu dan dapatkan nutrisi yang optimal dari makananmu.


Makan dengan porsi yang tepat


Porsi makan setiap orang bisa berbeda-beda. Ada baiknya kamu tidak makan terlalu kenyang. Jika harus makan, berikanlah lambungmu isi yang proporsional yaitu: sepertiga bagian untuk makanan, sepertiga bagian untuk air, dan sepertiga terakhir untuk udara.


Warnai makananmu


Ini dia yang ditunggu-tunggu. Maksudnya, pilihlah komposisi makanan dengan warna asli yang berbeda-beda dalam satu piring. Semakin warna-warni makanan yang berada dalam piring kamu, semakin lengkap kandungan nutrisi yang akan kamu konsumsi.


Kurangi bumbu pendamping berkadar gula/garam tinggi


Yap, salad memang sehat.. tapi bagaimana dengan mayonaise? Mayonaise yang sering disajikan bersama salad mengandung kadar gula yang tinggi. Demikian juga dengan saus botol yang memiliki kadar garam (natrium) tinggi, tidak sebaiknya sering kamu konsumsi. Idealnya, dalam satu hari, seseorang hanya boleh mengkonsumsi garam maksimal sebanyak dua sendok teh.


Tambahkan bumbu alami


Tanpa bumbu pendamping? Hambar donk! Kalau memang begitu, tambahkan bumbu alami dalam masakan asli yang akan kamu konsumsi seperti kunyit, herbal, rempah-rempah, dan lain-lain. Makanan kamu akan semakin kaya akan cita rasa dan tentu lebih sehat karena setiap bumbu yang kamu tambahkan juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.


Beralih ke biji-bijian dan produk susu rendah lemak


Jika kamu sedang melakukan program diet, bukan berarti kamu tidak boleh makan dan ngemil. Ketika tiba-tiba merasa lapar dan belum saatnya makan, kamu masih bisa mengkonsumsi makanan dari produk biji-bijian dan susu rendah lemak. Kamu tidak akan lagi merasa lapar dan kalori yang masuk ke tubuh akan tetap terjaga.


Bagaimana? Makan secara sehat ternyata tidak sulit kan?


Sumber : idiva.com | dietyuk.com |  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar