Rabu, 31 Oktober 2012

Pahami Asupan Kafein Pada Ibu Menyusui

[caption id="attachment_3177" align="aligncenter" width="201"]Breastfeed / photo from http://www.pregnancyandbaby.com Breastfeed / photo from http://www.pregnancyandbaby.com[/caption]

Menurut Ahli, diperingatkan untuk ibu yang sedang menyusui untuk memperhatikan asupan kafeinnya. Karena meminum kopi, teh atau memakan coklat pada saat menyusui bisa menyebabkan akumulasi kafein dan gejala seperti terjaga dan lekas marah pada bayi.


Menurut Dr Ruth Lawrence, dari Departemen Pediatrics, Univeristy of Rochester School of Medicine and Dentistry, mengatakan hal ini dikarenakan bayi tidak bisa memetabolisme atau mengeluarkan kafein dengan sangat baik.


Kafein biasa ditemukan dalam berbagai produk selain kopi, teh dan coklat, yang termasuk diantaranya juga minuman ringan, minuman olahraga dan beberapa minuman kesehatan.


Berdasarkan tanggapan Dr Lawrence, pada bukti ilmiah dan medis terkait dengan paparan kafein pada bayi yag disusuo dan membedakan antara ada dan apa yang  tidak dipahami baik dalam bidang pengembangan studi.


“Biasanya seorang ibu, terutama jika ia menyusui, diingatkan untuk membatasi asupan kafein,” kata Dr Lawrence. Setelah melahirkan, para  ibu harus mengosumsi sesuatu yang dimoderasi dan mencoba untuk menghindari kelebihan yang bisa menjadi menambahkan hingga banyak kafein.


Pernyataan Dr Lawrence ini dipublikasikan dalam Journal of Caffeine Research, sebuah jurnal peer-reviewed dari Mary Ann Liebert, Inc.


Sumber : Times of India

Tidak ada komentar:

Posting Komentar