Kamis, 27 September 2012

Suara Nyanyian Burung Bisa Mempengaruhi Kreativitas Seseorang

[caption id="attachment_1778" align="aligncenter" width="300" caption="bird-singing / photo from http://medicmagic.net"]bird-singing / photo from http://medicmagic.net[/caption]

Rasanya nyaman memang, jika di pagi hari terbangun karena suara nyanyian burung-burung. Tapi memang benar itu adanya, menurut sebuah studi yang dilakukan di UK University of Surrey, disebutkan bahwa nyanyian burung bisa mempengaruhi kreativitas seseorang dan kedamaian batin.

Menurut peneliti dari Surray University yang bernama, Elleanor Ratcliffe, mengatakan, “Sesuai dengan anekdot bahwa otak manusia merespon positif dengan nyanyian burung, meskipun studi ilmiah kurang banyak membuktikan hal ini,” katanya seperti yang dilansir MedicMagic dari laman Guardian.

Menurut hasil penelitian dari  Surray University yang dilakukan selama tiga tahun, selain untuk membantu relaksasi otak dan tubuh, suara burung bernyanyi juga bisa membantu otak untuk menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan kreativitas lebih cepat.

Ratcliffe menyatakan,  penelitian ini dilakukan pada reaksi psikologis yang mempengaruhi perkembangan tubuh, yang timbul dari reaksi alam. Ia menambahkan, memang masih ada banyak hal yang bisa diungkapkan dari kekuatan tertentu yang berasal dari suara alam.

Suara parau melengking dari parkit liar atau derit burung gagak seringkali dapat dianggap tidak memiliki efek menenangkan. Tapi menurut Ratcliffe, efek suara dari dua burung membangun kenangan seesorang   dari suatu perasaan atau tempat.

Tujuan dilakukan penelitian selanjutnya yang akan dilakukan oleh Ratcliffe adalah untuk mengetahui apakah suara serak burung yang direkam melalui perangkat elektronik bisa mempengaruhi dampak yang sama pada otak dan perilaku manusia. Dia juga akan membagi lokasi penelitiannya di kota dan di daerah pedesaan.

Diperlukan waktu berjam-jam yang dibutuhkan Ratcliffe untuk mendengarkan burung-burung di tempat perlindungan pedesaan. Dia berharap bisa memberikan hasil yang maksimal tentang dampak psikologis pada burung-burung bernyanyi. "Mudah-mudahan hasil penelitian ini berkembang dalam tiga tahun," kata Ratcliffe.

Sependapatkah Anda dengan hasil penelitian diatas? Sepertinya suara burung memang membuat kita yang mendengar merasa dalam perasaan tenang, damai dan relaks. Hmm, Pasti seru dan menyenangkan ya, jika liburan akhir tahun ini Anda habiskan di sebuah pedesaan yang jauh dari perkotaan, sebuah tempat yang masih sering terdengar suara-suara burung bernyanyi. Pilihan yang bagus, bukan?

Sumber : Medic Magic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar