Senin, 17 September 2012

Yuk, Konsumsi Buah Yang Kaya Akan Manfaatnya Ini..

[caption id="attachment_1350" align="aligncenter" width="300" caption="manggo / photo from http://www.buzzle.com"]manggo / photo from http://www.buzzle.com[/caption]

Buah yang satu ini tak hanya digemari saat usia buahnya masih muda ataupun sudah matang. Biasanya, ibu-ibu hamil doyan ngidam buah ini saat masih mudanya, Ya, karena rasanya yang asam sehingga cocok sekali bila dicocol pada bumbu rujak. Wah, jadi kepengen ya? Terlepas dari  itu,  ternyata buah yang satu ini juga sarat akan vitamin, mineral dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit loh.

Lansiran MedicMagic dari Times of India, seorang dermatologis dari India yang bernama Dr Apratim Goel, mengatakan bahwa mangga adalah sumber yang kaya akan betacarotene ( Vitamin A), yang merupakan antioksidan kuat. Terlepas dari efek peremajaan, vitamin A juga memiliki efek drmatis untuk menyingkirkan jerawat.

Kandungan betacarotene dari mangga adalah nutrisi yang membantu  kita ketika kita melihat dalam gelap, yang juga  penting untuk kulit. Kandungan tersebut sering dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A dan sering diresepkan sebagai pengobatan topikal untuk jerawat. Mangga juga mengandung serat tinggi namun rendah kalori dan sodium. mereka juga kaya akan vitamin A dan memiliki sejumlah Vitamin B dan C, pottasium, kalsium dan zat besi. Senyawa fenolik dan beberapa enzim yang dikandung mangga juga bermanfaat sebagai obat penyembuhan  anti-kanker.

Dermatologis lain, yakni Dr Satish Bhatia, mengatakan “ Phenil dalam mangga dan enzim selain mempromosikan kulit dan rambut yang sehat, juga  membantu dalam mengendalikan diabetes dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B3 dan B-complex menguatkan rambut, enzim magniferin-nya, mempercantik kulit dan berguna melawan kanker.”

Ahli gizi mengatakan bahwa mangga tidak memiliki banyak lemak di dalamnya, dan bisa mengurangi kolesterol. Ahli gizi klinis Dr Nupur Krishnan, mengatakan,  kandungan serat dalam mangga cukup tinggi, termasuk vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kulit, mencegah kusam, mencegah pori-pori membuka, menyembuhkan jerawat, serta kemampuan membuat siku, lengan dan lutut halus. Terlebih lagi, menurutnya mangga tidak memilik banyak lemak didalamnya dan bisa mengurangi kolesterol.

Ingin memiliki kulit lebih lembut dan bercahaya? konsumsi saja mangga dengan teratur. “Mangga efektif dalam mengurangi pori-pori tersumbat, memiliki antioksidan yang tinggi dan rendah karbohidrat. Buah ini banyak mengandung triptofan, yang membantu pembentukan serotonin yang memproduksi hormon kebahagiaan,” tambah Dr Goel.

Tak hanya dagingnya, kulit mangga ini memiliki manfaat loh, “ Selain daging buah, kulit mangga juga kaya akan AHA (Alpha Hydroxyl Acid) dan bisa digunakan untuk membantu pengelupasan dan peremajaan kulit. Merangsang perubahan sel lebih cepat,” kata Dr Goel.

“Gosok bagian dalam kulit mangga di wajah selama beberapa menit. Buah ini memiliki banyak bahan yang bisa membantu menjada kulit tetap halus dan muda, efek peremajaannya sangat kuat,” Kata Ritu Tanwar, seorang ahli estetika. Vitamin C dalam buah ini juga membantu pembentukan kolagen, yang membuat kulit tetap sehat.

Mangga juga mengandung zat besi, itulah mengapa wanita hamil dan orang dengan anemia disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Nah, selain rasanya yang enak tak ada salahnya Anda rajin mengonsumsi buah ini dan rasakan manfaatnya.

Sumber : MedicMagic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar