Selasa, 25 September 2012

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

[caption id="attachment_1731" align="aligncenter" width="250" caption="rainy-season / photo from http://medicmagic.net"]rainy-season / photo from http://medicmagic.net[/caption]

Hampir setiap hari hujan menemani hari-hari kita menjelang akhir tahun ini. Dengan sering datangnya hujan, membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit. Namun apakah Anda tahu, bila yang membuat kita sakit adalah karena perbedaan suhu tubuh kita sendiri. Contohnya adalah kepala yang terkena hujan akan lebih dingin dibandingkan bagian tubuh lainnya, itulah mengapa jika seluruh badan basah karena hujan, kita tidak akan jatuh sakit. Aneh memang, namun dilansir dari Medicmagic, itulah kenyataannya.

Nah, sebagai ancang-ancang dalam menghadapi ancaman akan penyakit yang datang seiring musim hujan, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan guna mencegah kerentanan terhadap penyakit di musim hujan. Simak yah..

Asupan Vitamin D Yang Tidak Memadai

Vitamin D bukan hanya bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi, tapi juga untuk pertahanan diri akan penyakit, mulai dari flu sampai kanker. Vitamin D bisa diperoleh secara alami dari matahari, namun karena musim hujan, sinar matahari akan sulit didapat. Oleh karena itu, dapatkan asupannya dari makanan, kita bisa memperolehnya dari telur, hati, dan ikan. Seperti halnya susu dan margarin yang diperkaya dengan vitamin D. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang yang dilibatkan dengan 300 anak, menunjukan mereka yang menerima suplemen vitamin D , 40% lebih kuat dalam melawan flu.

Cukupi Kebutuhan Serat Harian Anda

Mereka yang mengonsumsi serat larut-air dalam waktu enam minggu dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri bila dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi serat gabungan.

Serat larut-air bisa diperoleh dari buah-buahan yang rasanya asam, apel, wortel, kacang-kacangan, dan oatmeal. Maka, pastikan tubuh Anda mendapatkan sebanyak 25-38 gram serat setiap harinya.

Jaga Berat Badan Anda

Penelitian yang dilakukan di Tufts University menunjukan bahwa berat badan yang ideal membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik daripada mereka yang mengalami obesitas.

Olahraga

Tubuh yang aktif akan melepaskan energi yang diubah menjadi panas. Dengan suhu tubuh yang hangat, suhu dingin yang disebabkan hujan akan bisa tertanggani.

Mengonsumsi Buah-Buahan Dengan Warna Cerah

Warna buah-buahan seperti pir, dan buah pisang bisa merangsang tubuh dan menyediakan energi. Aroma dari lemon segar atau jahe juga mampu untuk meningkatkan energi.

Nah, jika sudah demikian Anda bisa tetap menjaga kesehatan meskipun setiap harinya kerja ditemani hujan..

Sumber : MedicMagic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar