Sabtu, 01 September 2012

4 Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh

[caption id="attachment_4413" align="aligncenter" width="300"]Olahraga. Photo from : duniafitnes.com Olahraga. Photo from : duniafitnes.com[/caption]

Metabolisme adalah proses yang kompleks yang mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi agar tubuh kita bisa melakukan tugas-tugas seperti bernapas dan bergerak. Dengan kata lain, metabolisme merupakan laju dari pembakaran kalori tubuh bertahan hidup. Sementara metabolisme tidak sepenuhnya bertanggung jawab terhadap berat badan kita yang membantu membakar kalori lebih banyak ketika metabolisme lebih cepat.


Metabolisme yang cepat penting untuk menurunkan berat badan sama halnya dengan mengonsumsi susunan makanan yang sehat.  Tubuh kita mencerminkan apa saja yang kita konsumsi dan bahkan metabolisme yang cepat pun tidak akan menanggani makanan berkalori tinggi.  Jadi, untuk meningkatkan metabolisme inilah beberapa caranya ;




  1. Makan Sering


Makan sering dalam porsi kecil akan membantu meningkatkan metabolisme daripada makan makanan yang lengkap tapi sedikit dalam sehari. Hal itu menjaga metabolisme tetap berjalan bukan malah memperlambatkanyna. Hindari camilan yang tidak sehat karena akan membuat Anda bertambah berat badan.


Jangan lewatkan sarapan. Konsumsilah makanan dengan diet seimbang yang mencakup protein, buah segar dan biji-bijian. Hindari lemak trans, junk food dan minuman berkarbonasi manis.




  1. Olahraga


Olahraga bisa meningkatkan metabolisme. Untuk hasil akhir gabungkan beberapa latihan aerobik dengan latihan beban tubuh untuk meningkatkan massa otot guna mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.




  1. Memiliki Tidur Yang Cukup


Tidur cukup tak hanya baik untuk kulit tetapi juga membantu tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori. Baiknya Anda pastikan memiliki setidaknya 8 jam tidur tanpa gangguan untuk membiarkan tubuh Anda beristirahat dan kembali segar.




  1. Hindari Kebiasaan Yang Tidak Sehat


Masalah karena diet, kelaparan, alkohol, kurang tidur dan diet yang tidak sehat memperlambat metabolisme dan mereka umumnya  tidak sehat sehingga cobalah untuk menghindari mereka.


Sumber : Our Vanity 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar