Senin, 07 Januari 2013

3 Tanda Tekanan Darah Yang Tak Boleh Diabaikan

[caption id="attachment_2108" align="aligncenter" width="190" caption="3-Blood-Pressure-Blips- / photo from http://shine.yahoo.com"]3-Blood-Pressure-Blips- / photo from http://shine.yahoo.com[/caption]

Biasanya  kita terlalu takut atau terlalu malas melakukan pengecekan kesehatan rutin dengan tubuh kita, Padahal  hal demikian sangat penting untuk dilakukan. Terutama dengan masalah tekanan darah, tekanan darah yang bisa naik dan bisa turun turut mempengaruhi kesehatan kita nantinya. Itulah sebabnya, kita perlu untuk melakukan rutin pemeriksaan diri, seperti mengetahui tekanan darah kita sendiri. Dibawah ini ada beberapa tanda tekanan darah yang seharusnya tidak Anda abaikan ;

  • “Normal-Tinggi”


30 persen orang dewasa Amerika memiliki tingkat tekanan yang sedikit tinggi, antar 121/81 dan 139/89. Namun sebenarnya bukan masalah kecil, jika Anda berada di zona abu-abu ini. Karena itu bisa menjadi hampir kepada dua kali lipat resiko terjadinya stroke. Para peneliti memperingatkan bahwa banyak dokter keluarga melihat pra-hipertensi sebagai kondisi batas yang harus diawasi, daripada peringatan yang perlu perhatian cepat.

  • Naik Perlahan


Dalan penelitian yang membuka mata, tekanan darah perempuan beringsut ke atas delapan hingga sepuluh poin setiap dekade, dan pria dengan empat hingga lima poinm antara usia 35 dan 64. Hal demikian  cukup untuk mendaratkan Anda dalam kondisi pra-hipertensi atau bahkan hipertensi. Dan itu merupakan alasan yang baik untuk Anda dan dokter Anda untuk menggigit meningkatnya tekanan darah.

  • Hanya Tinggi Saat di Ruangan Dokter


Disebut ­white-coat hypertension karena pembacaan tekanan darah tinggi di ruangan dokter bukan di tempat lain (seperti pameran kesehatan, pada monitor rumah, atau dari mesin toko obat tekanan darah)- bukan kebetulan yang bisa Anda  abaikan. Dalam penelitian di Skotlandia, orang-orang dengan tanda tekanan darah yang meningkat karena di bawah tekanan menunjukan tanda-tanda awal arteri kaku dan hati yang bekerja terlalu keras yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi di kemudian hari.

Jadi, tak ada alasan lain untuk melakukan pengecekan diri rutin,kan?

 

Sumber : Shine Yahoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar