Rabu, 30 Januari 2013

Membuat Sendiri Kue Ulang Tahun

[caption id="" align="aligncenter" width="309"]Birthday Cake Birthday Cake / photo from http://www.berries.com[/caption]

Bagi semua orang, ulang tahun merupakan sebuah hari dimana mereka bersyukur masih dapat menjalani hidup walaupun usia mereka bertambah. Yang menjadi ciri khas di hari tersebut tentunya adalah kehadiran sebuah kue untuk dinikmati bersama-sama dengan orang terkasih.



Bagi para orang tua yang hendak membuat pesta ulang tahun kejutan untuk anak anda, harus diperhatikan benar mengenai kualitas kue ulang tahun yang disajikan. Ada dua cara yang dapat dipilih dalam menyediakan kue ulang tahun. Pertama adalah membeli kue ulang tahun yang dijual di toko-toko. Walau cara ini tergolong amat mudah, anda harus mengeluarkan sejumlah uang tentunya. Cara kedua adalah dengan membuat sendiri kue ulang tahun. Selain dapat menghemat uang anda, juga dapat memberikan fleksibilitas dalam menentukan bahan yang akan digunakan dalam membuat kue ulang tahun berikut dengan disainnya.


Namun bagi yang belum pernah memiliki pengalaman membuat kue ulang tahun sebelumnya, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan:


1. Memilih resep kue ulang tahun yang tepat.


Mengenai permasalahan resep, anda dapat mencari ide dari berbagai sumber baik itu majalah makanan atau internet. Namun yang paling menarik apabila anda memiliki resep kue ulang tahun yang diberikan turun temurun dari keluarga. Dengan memilih resep tersebut akan menjadikan pesta ulang tahun menjadi lebih berkualitas. Bagi anda yang mengalami kebingungan dalam memilih resep kue ulang tahun, anda dapat memilih berdasar kategori. Kategori pertama adalah mengenai tingkat kesulitan mengaplikasikan resep kue tersebut. Bagi yang ahli, anda dapat memilih resep kue ulang tahun dengan level kesulitan yang tinggi dan juga sebaliknya buat para pemula. Kategori kedua adalah mengenai tema. Anda dapat memilih resep kue ulang tahun berdasarkan tema seperti romantis, pernikahan, hari raya, dan lain sebagainya.


2. Pahami terhadap apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat kue.


Aspek ini amat penting guna menentukan langkah yang tepat sesuai urutan pembuatan kue ulang tahun. Yang pertama adalah mengenai bagaimana cara anda mematangkan adonan. Pastikan anda menggunakan oven yang tepat dan juga menggunakan komposisi adonan yang sesuai sehingga mengembang dengan sempurna. Yang kedua adalah mengenai lama pematangan adonan didalam oven. Pastikan anda menentukan suhu yang tepat dan lama waktu yang diperlukan untuk membuat matang kue tersebut. Hindari terlalu lembek dan terlalu matang guna hasil rasa yang maksimal. Bila anda tidak memiliki pengalaman, anda dapat bertanya pada orang yang lebih ahli terlebih dahulu.


3. Mendekorasi kue ulang tahun yang anda buat.


Dua aspek penting dari kue ulang tahun adalah rasa dan juga penampilan. Bila mengenai dekorasi, icing merupakan teknik terpenting. Yang perlu diketahui mengenai icing adalah pilihan teknik yang ada. Bila anda mengumpulkan teknik dan jenis icing yang ada, pasti anda memiliki banyak sekali pilihan yang sesuai dengan preferensi anda. Pastikan anda mendekorasi kue ulang tahun sesuai dengan tema yang anda pilih.


4. Menentukan bentuk dan juga ukuran kue ulang tahun.


Pastikan anda menentukan bentuk dan ukuran sesuai dengan jumlah tamu yang hadir pada pesta ulang tahun tersebut. Untuk ukuran pesta ulang tahun anak, ukuran kecil dan sedang dapat dikatakan cukup tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar