Rabu, 09 Januari 2013

Perawatan Kaki di Musim Hujan

[caption id="attachment_972" align="aligncenter" width="245"]PerfectFeet - photo from  www.healblog.net Photo from www.healblog.net[/caption]

Musim hujan kini telah datang, dan tak bisa dipungkiri banyak genangan air yang tiba-tiba muncul di jalanan. Infeksi kaki yang disebabkan oleh genangan air dan udara yang lembab bisa membuat aroma tidak sedap pada kaki muncul yang bisa membuat kepercayan diri seseorang menurun.


Perawatan ekstra dibutuhkan untuk menjaga kaki yang sehayt jauh dari masalah seperti gatal-gatal dan penyakit kaki lainnya. Seorang ahli kulit di India, seperti yang terlansir di Medicmagic dari Idiva, bernama Dr Jamuna Pai, mengatakan, “ jamur dan bakteri berkembang pesat karena kelembababan tinggi selama musim hujan. Jadi itu menyebabkan bau tak sedap di kaki. Saat ini, kaki juga rentan terhadap infeksi jamur pada kulit , terutama jari kaki,” katanya.


Gatal, sensasi menyengat, pengelupasan kulit adalah masalah umum yang mempengaruhi kaki yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Lantas bagaimana cara merawatnya? Dr Jamuna menyarankan, cara yang paling sederhana untuk mengobati kaki adalah dengan mencuci bersih dan mengeringkannya.


“Pasien dengan diabetes memiliki perawatan kaki khusus. Karena jika terjadi luka, dibutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkan. Termasuk kutil di telapak kaki adalah hal yang lebih umum di antara orang yang berjalan tanpa alas kaki di permukaan basah. Mereka harus menemui dokter jika kondisi memburuk”.


Dibawah ini ada panduan sederhana bagi Anda yang ingin merawat dan melindungi kaki di musim hujan :




  1. Jangan mengenakan sepatu tertutup terlalu lama saat hujan. Kaki yang basah lebih rentan infeksi tofungal.

  2. Selalu mencuci dan mengeringkan kaki saat terkena air atau terperangkap di genangan air.

  3. Jangan oleskan krim pelembab di antara jari

  4. Gunakan bedak antijamur pada pagi dan krim anti jamur pada malam hari.

  5. Potong kuku kaki secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran.


Spesialis kulit dari Blush Clinic di India, juga memberikan beberapa tips untuk perawatan kaki yang bisa Anda coba. Seperti ini caranya..


Pengelupasan
Rendam kaki Anda dalam air hangat yang dicampur dengan garam laut. Kemudian, menggosok kulit mati pada kaki dengan batu apung. Kaki memiliki pengelupasan sel yang sangat tinggi sehingga sangat penting untuk merawat daerah ini agar mampu melakukan pengelupasan kulit secara teratur.


Pijat
Pijat kaki dengan pelembab sekitar dua-tiga malam dalam seminggu sebelum tidur. Kenakan sepasang kaus kaki katun untuk membuat kaki tetap lembab dan melembutkan kaki.




Sumber : MedicMagic


Tidak ada komentar:

Posting Komentar