Sabtu, 26 Januari 2013

Manfaat Kesehatan Dari Mandi Dengan Air Dingin

[caption id="attachment_3383" align="alignleft" width="175"]cold shower / photo from http://www.latestbeauty.com Photo from http://www.latestbeauty.com[/caption]

Apa yang lebih Anda sukai, mandi dengan air hangat atau air dingin? Mungkin sebagian besar jawabannya adalah mandi dengan air hangat karena berbagai alasan. Tapi, Anda tahu tidak, kalau sebenarnya mandi dengan air dingin itu banyak manfaat kesehatannya juga loh.


Salah satunya adalah dengan mandi air dingin bisa menyejukan pikiran Anda setelah seharian bekerja di udara panas di luar sana. Mandi air dingin bisa membantu meningkatkan metabolisme, mencegah cidera pasca olahraga dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda. Untuk manfaat lainnya, baca terus yaa..




  • Mandi Air Dengan Air Panas Mengurangi Tingkat Kesuburan Pria


Fakta akan panas bisa berakibat buruk pada testis pria mungkin tak banyak diketahui, padahal itu bisa berpotensi menurunkan jumlah sperma.




  • Meningkatkan Sirkulasi Darah Untuk Menghilangkan Racun


Hal ini membutuhkan konsentrasi ketika air dingin menyentuh permukaan kulit Anda, pembuluh darah di bawah permukaan berkontraksi. Hal ini akan mengurangi sirkulasi darah, tapi di saat yang sama tubuh Anda otomatis menendang mekanisme tekanan darah dan menargetkan pada jaringan. Ini dikarenakan darah beredar dengan dorongan ekstra, maka darah akan mengalir dengan lancar meningkatkan sirkulasi.




  • Membangun Kekebalan Tubuh


Mandi dengan air dingin  bisa meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya bisa meningkatkan panas  tubuh, oleh karena itu menyegarkan sistem kekebalan tubuh serta melepaskan sel darah putih.




  • Meningkatkan Metabolisme


Seperti halnya pada saat tubuh Anda kedinginan secara otomatis menghasilkan panas, yang menempatkan bisa meningkatkan metabolisme. Begitu juga jika Anda mandi dengan air dingin, saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat Anda tetap hangat.




  • Mencegah Cedera Olahraga atau Latihan


Setelah Anda melakukan latihan otot-otot, ada kalanya otot-otot di tubuh Anda meradang dan membutuhkan sedikit waktu untuk kembali relaks. Untuk mencegah kejadian massa otot berkontraksi ( keram ), maka coba deh untuk mandi dengan air dingin. 




  • Manfaat Tambahan


Dengan mandi air dingin  bisa mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut Anda, meningkatkan fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan edema, menyembuhkan dan mengatur sistem saraf otonomik.




  • Air Dingin dan Irama Tubuh


Tergantung dari pernapasan Anda, jika Anda lelah, mandi air dingin bisa membantu menghilangkan rasa lelah. Jika Anda merasa sulit tidur juga, cobalah dengan mandi air dingin untuk tidur yang lebih nyenyak.




Sumber : Times of India


Tidak ada komentar:

Posting Komentar