Minggu, 02 Desember 2012

9 Rahasia Tampil Menawan Setiap Hari


[caption id="attachment_4696" align="aligncenter" width="300"]Woman Splashing Water on Her Face. Image From Google Image. Woman Splashing Water on Her Face. Image From Google Image.[/caption]

Tampil menawan adalah idaman setiap orang, hanya saja tak semuanya tahu bagaimana caranya. Tak perlu repot-repot ke salon, dandan yang 'wah', ataupun keluar kocek banyak untuk mewujudkan impian tadi. Cukup lakukan tips kecantikan dasar di bawah ini dari rumah atau di manapun Anda berada:


1. Bersihkan Wajah


Wajah bisa dikatakan sebagai organ vital dalam parameter kecantikan setiap orang. Bagaimana tidak? Pertama kali yang orang lihat setiap kali bertemu orang lain adalah wajahnya. Oleh karena itu, buatlah wajah Anda menawan setiap saat. Tak harus melakukan riasan dengan berbagai make up karena tidak semua orang suka dandan, minimal bersihkanlah wajah Anda setiap hari menggunakan sabun pembersih muka ataupun cleanser. Selain itu, hindari air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin untuk membasuh muka karena keduanya dapat merusak pembuluh kapiler di wajah Anda..


2. Luluran


Please, jangan malas luluran deh! Bukan hanya wajah yang perlu dirawat agar bisa tampil menawan, badan pun harus dirawat juga. Luluran adalah senjata ampuh untuk merawat kecantikan tubuh Anda. Tak harus luluran setiap hari, cukup satu hingga dua kali seminggu pun tidak apa-apa. Luluran akan membuat kulit menjadi halus dan lembut. Selain itu, lulur memberikan nutrisi langsung kepada kulit, meremajakan kulit, dan bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh. Pijatan-pijatan yang dilakukan saat luluran juga bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi rileks sehingga dapat mengurangi stress.


3. Gunakan Pelembab


Banyak yang menganggap remeh penggunaan pelembab sehingga melewatkannya begitu saja, bahkan ketika harus berdandan. Menurut dr Tina Wardhani Wisesa SpKK(K), dokter spesialis kulit dan kelamin, pelembab seharusnya digunakan setiap hari. Pelembab diperlukan untuk mempertahankan stuktur dan fungsi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti udara kering, AC, sinar matahari, angin, dan faktor usia. Pilihlah pelembab sesuai dengan jenis kulit Anda seperti pelembab krim untuk kulit kering/normal, pelembab lotion untuk kulit normal/berminyak, serta pelembab gel untuk kulit berminyak.


4. Sunscreen


Sinar matahari pagi memang tak diragukan manfaatnya bagi tubuh, tapi tidak demikian di siang hari di atas jam 9 di Indonesia. Sinar matahari dapat membakar tubuh yang menimbulkan flek-flek hitam pada wajah, belum lagi radiasi ultra violet yang disinyalir dapat menyebabka kanker kulit. Sunscreen alias tabir surya atau sunblock adalah senjata yang Anda perlukan untuk melindungi kulit, terutama wajah Anda. Pilihlah sunscreen yang mengandung vitamin C sebagai antioksidan, juga mengandung vitamin E untuk mencegah pengelupasan kulit akibat oleh sinar matahari. Adapun selain wajah, bisa Anda lindungi dengan mengenakan pakaian yang menutupi (bukan membungkus/membalut) tubuh Anda.


5. Lip balm


Bibir kering, merekah, dan pecah-pecah merupakan mimpi buruk setiap wanita. Gunakan lip balm untuk menjaga agar bibir tetap lembab mempesona. Jika Anda tidak memiliki lip balm, Anda juga bisa menggunakan cara-cara alami seperti mengoleskan madu/margarin/minyak goreng pada bibir. Jangan menjilat bibir yang kering karena justru akan membuatnya semakin kering. Selain itu, perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan nutrisi. Tatkala tubuh mengalami dehidrasi, bibir adalah bagian tubuh yang pertama kali menunjukkannya. Jika bibir Anda sudah terlanjur kering, cobalah untuk mengompresnya menggunakan air dingin yang telah diberi garam. Selanjutnya, oleskan lip balm yang mengandung lanolin untuk mengurangi kekeringannya.


6. Tidur cukup


Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan, tidur yang cukup juga akan menjaga kecantikan kulit Anda. Tidur dapat membuat kulit elastis dengan diproduksinya hormon kolagen hanya saat Anda tidur. Jika Anda menggunakan kosmetik kulit seperti pelembab/anti jerawat/antikerut, tidur akan membantu optimasi kerja kosmetik tersebut karena kulit lebih mudah melakukan penyerapan saat Anda tidur. Tidur juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, mencegah stress, dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru untuk memperbarui sel-sel kulit mati.


7. Perbanyak minum air putih


Masih ada yang meragukan manfaat mengkonsumsi air putih? Sudah lumrah segudang manfaat yang akan Anda peroleh dengan konsumsi air putih. Mulai dari mencegah/menawar dehidrasi, melembabkan kulit, melancarkan pencernaan, membantu kinerja ginjal, dan masih banyak lagi. Minumlah air putih kurang lebih 2 liter atau kurang lebih 8 gelas setiap hari.


8. Diet sehat


Eits.. diet bukan hanya istilah yang digunakan untuk kegiatan menurunkan berat badan lho! Diet adalah istilah yang sesungguhnya digunakan sebagai aturan tentang pola makan seseorang. Jadi ada diet untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, dan juga ada diet untuk orang-orang sakit. Di sini, kita bicara tentang diet secara umum yaitu diet untuk menjaga kesehatan. Diet sehat dapat dilakukan dengan menjaga untuk tetap sarapan, menjaga ritme saat makan, mengkombinasikan makanan dengan berbagai warna alami dan rempah-rempah, serta mengonsumsi biji-bijian dan susu. Lebih lengkap tentang diet sehat, dapat dibaca di artikel Felisblog di sini.


9. Olahraga secara teratur


Olahraga teratur mutlak diperlukan bagi Anda yang ingin tampil menawan. Bagaimana tidak? Olahraga akan membuat daya tahan tubuh lebih tinggi sehingga menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit. Tak hanya itu, ingginya intensitas oksigen yang Anda konsumsi saat olahraga akan membuat tubuh lebih energik karena proses pembakaran makanan menjadi lebih sempurna. Olahraga secara teratur juga dapat menjaga berat badan Anda, mencegah stress, menjaga gairah, membuat tidur lebih nyenyak, serta dapat menjadi sarana berkomunikasi dan interaksi sosial Anda.


Itulah 9 rahasia tampil menawan setiap hari. Susah? Nggak lah yaw...



Sumber: rediff.com | luluran.com | republika.co.id | perempuan.com | doktercantik.com | sidomi.com | majalahkesehatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar