Minggu, 23 Desember 2012

Manfaat Madu Untuk Obat

Manfaat Madu Untuk Obat


[caption id="attachment_4147" align="aligncenter" width="300"]Fresh honey with honeycomb, spices and fruits. Photo from : happyherbivore.com Fresh honey with honeycomb, spices and fruits. Photo from : happyherbivore.com[/caption]

Bagi orang tua, ketika buah hatinya sakit tentu membuat cemas. Dengan cuaca yang terkadang panas dan tiba-tiba hujan ini sangat rentan membuat anak ataupun orang dewasa terserang penyakit, contohnya infeksi tenggorokan.


Orang tua terkadang terlalu cemas dengan langsung memberikan obat atau hal lain, tapi mungkin Anda bisa coba dengan cara alami ini. Yakni, madu.


Ya, berdasarkan sebuah penelitian, dengan memberikan satu sendok teh madu kepada anak sebelum mereka pergi tidur bisa meringankan gejala dan membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak.


Para peneliti melaporkan bahwa anak-anak usia satu sampai lima yang menderita infeksi tenggorokan lebih jarang batuk dan memiliki tidur yang lebih baik setelah mengambil 10g madu sebelum tidur.


Kandungan antioksidan yang tinggi dalam madu, membuatnya menjadi alternatif yang lebih baik untuk batuk sirup, banyak yang tidak terbukti khasiatnya untuk menyembuhkan dan bisa pula berbahaya jika orang tua tidak memperhatikan dosisnya.


Menurut Telegraph, penelitian ini melibatkan hampir 300 anak-anak Israel dengan infeksi tenggorokan. Tiga perempat dari mereka diberi satu sendok teh madu baik eucalyptus honey, citrus honey atau labiatae honey sebelum tidur, sedangkan sisanya diberikan placebo.


Sebelum dan setelah perawatan, orang tua diminta untuk menilai seberapa parah dan frekuensi batuk anak-anak mereka, seberapa besar batuk tersebut mengganggunya dan berapa banyak dampaknya terhadap tidur anak-anak tersebut, masing-masing dari skala satu sampai lima.


Hasilnya, anak-anak dengan plasebo meningkat dengan rata-rata enam poin di semua lima kategori setelah perawatn, mungkin karena mereka sudah agak membaik. Tetapi, untuk setiap jenis madu yang diberikan mereka meningkat dengan sembilan sampai sepuluh poin dalam semalam.


Namun, para peneliti menekankan bahwa madu tidak aman untuk bayi muda karena resiko dari infantile botulism, sebuah infeksi yang jarang tapi fatal. Tapi dikatakan bisa menjadi “pengobatan yang lebih baik” untuk anak yang berusia satu tahun keatas. Studi ini telah dipublikasika dalam pediatrics.



Manfaat Madu Untuk Obat


Sumber : Times of India 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar