Kamis, 13 Desember 2012

Kurang Tidur Sebabkan Bertambahnya Berat Badan?


[caption id="attachment_3110" align="aligncenter" width="300"]-sleep-less_1 /photo from http://www.scientificamerican.com Image from http://www.scientificamerican.com.[/caption]

Para ilmuwan mengatakan, mereka yang memiliki waktu tidur malam yang kurang cukup malah bisa menyebabkan obesitas. Menurut peneliti dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, hal itu dikarenakan mereka yang kurang tidur makan lebih banyak kalori.


Sekitar 17 relawan yang terdiri dari pria dan wanita sehat dipelajari oleh para peneliti selama delapan malam, dengan setengah dari mereka tidur normal dan setengah lainnya tidur hanya dua pertiga dari waktu normal mereka. Selama penelitian, para peserta diperbolehkan makan sebanyak apa yang mereka inginkan.


"Kami menguji apakah kurang tidur mengubah kadar hormon leptin dan ghrelin (yang berhubungan dengan nafsu makan),meningkatkan jumlah makanan orang makan dan mempengaruhi energi yang dibakar melalui aktivitas," kata Virend Somers, seorang penulis studi juga profesor kedokteran dan penyakit jantung di Mayo Clinic.


Kelompok yang kekurangan tidur, mereka tidur selama satu jam dan 20 menit lebih sedikit daripada kelompok lain, mengonsumsi rata-rata 549 kalori tambahan setiap hari. Sementara itu, jumlah energi yang digunakan untuk beraktifitas tidak mengalami perubahan signifikan diantara kelompok, menunjukan bahwa mereka yang kurang tidur tidak membakar kalori tambahan.


"Kurang tidur merupakan masalah yang berkembang, dengan 28 persen orang dewasa sekarang melaporkan bahwa mereka mendapatkan enam atau lebih sedikit jam tidur per malam," kata Andrew D. Calvin, co-peneliti, sesama kardiologi  dan asisten profesor kedokteran di Mayo Clinic.


Para peneliti menekankan, meskipun,  bahwa  studi ini menunjukkan kurang tidur dapat menjadi bagian penting dan salah satu penyebab   kenaikan berat badan dan obesitas, itu adalah penelitian kecil yang dilakukan di unit penelitian klinis rumah sakit itu.
'Studi yang lebih besar dari orang di lingkungan rumah mereka akan membantu mengkonfirmasi temuan kami, " tambah Calvin, seperti yang dikutip dari Daily Mail.




Sumber : Daily Mail


Tidak ada komentar:

Posting Komentar