Selasa, 11 Desember 2012

Ini Dia Manfaat Lain Dari Pijat

[caption id="attachment_2671" align="aligncenter" width="300"]massage3 / photo from http://www.skin-care-recipes-and-remedies.com massage3 / photo from http://www.skin-care-recipes-and-remedies.com[/caption]

Duh, rasanya memang enak jika saat badan pegal-pegal karena kelelahan atau ada salah otot. Tapi Anda tahu tidak jika manfaat pijatan lembut bukan itu saja?


Menurut para ilmuwan, pijatan lembut sebenarnya bukan hanya sekedar menenangkan otot-otot yang sakit.Pada sebuah penelitian telah ditemukan, bahwa pijatan lembut juga mengurangi inflamasi pada tingkat molekuler, meniru penghilang rasa sakit.  Tetapi pijat juga mempromosikan pertumbuhan baru mitochondria, energi yang menghasilkan “powerplants” dalam sel.


Para ilmuwan melakukan analisis genetik dari sampel jaringan otot yang diambil dari relawan yang telah melakukan latihan sepeda. Salah satu kaki mereka secara acak dipilih untuk dipijat. Sampel biopsi diambil dari kedua kaki sebelum latihan, segera setelah pijat 10 menit dan setelah dua setengah jam pemulihan.


Hasilnya, seperti yang diterbitkan dalam edisi online jurnal Science Translational Medicine, menunjukkan pijat yang dibasahi efek dari sitokin - sistem kekebalan tubuh molekul sinyal yang berkontribusi terhadap peradangan. Pada saat yang sama, mempromosikan biogenisis mitokondria.


Hal ini  yang membuat para ilmuwan percaya, bahwa pengurangan rasa sakit yang terkait dengan pijatan mungkin melibatkan mekanisme yang sama seperti yang digunakan oleh obat anti-inflamasi.


Peneliti utama Dr Mark Tarnopolsky, dari Departement of Pediatrics dan Kedokteran di McMaster University di Kanada, mengatakan: "Manfaat potensial dari pijat dapat berguna bagi spektrum yang luas dari individu termasuk orang tua, mereka yang menderita cedera musculoskeleta dan pasien dengan penyakit inflamasi kronis,” katanya seperti yang dilansir dari Daily Mail.


"Studi ini memberikan bukti bahwa terapi manipulatif, sepertipijat, dapat dibenarkan dalam praktek medis, “ tambahnya lagi. Terapi pijat digunakan oleh The Royal Marsden NHS Trust untuk pasien kanker yang mengalami masalah santai atau untuk tidur.


"Ini dapat membantu mengatasi rasa sakit, kekakuan otot, sesak napas, kegelisahan dan kelelahan," kata juru bicara.


Nah, kebetulan nih besok sudah weekend. Apa rencana Anda dalam menghabiskan akhir pekan ini? tak ada salahnya menyelipkan rencana pijat di sela-sela rencana liburan akhir pekan Anda..



Sumber : Daily Mail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar