Minggu, 09 Desember 2012

Wanita Menghabiskan Lebih Sedikit Waktu Untuk Berolahraga?

Wanita Menghabiskan Lebih Sedikit Waktu Untuk Berolahraga?


[caption id="attachment_3369" align="aligncenter" width="300"]photo_of_woman_drinking_water / photo from http://www.webmd.com Woman Drinking Water . Image from http://www.webmd.com.[/caption]

Menurut sebuah penelitian, wanita rata-rata hanya menghabiskan waktu 18 menit untuk berolahraga dalam sehari, jumlah itu hanya setengah bila dibandingkan dengan pria yang menghabiskan waktu selama 30 menit. Hal ini memungkinkan wanita untuk lebih besar terkena sindrom metabolik.


Sindrom metabolik adalah sebuah nama untuk sekelompok kondisi- termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan berat badan ekstra di sekitar bagian tengah tubuh- yang terjadi bersama-sama dan meningkatkan resiko penyakit koroner, stroke dan diabetes tipe 2.


Para peneliti di Amerika Serikat awalnya tertarik pada hubungan antara fisik, depresi, dan sindrom metabolik dan akhirnya menemukan perbedaan gender. Penelitian  yang dipulikasikan dalam Jounal Preventive Medicine, yang dilakukan di Oregon State University oleh Paul Loprinzy dan Bradley Kardinal, seorang profesor dari Social Psychology of physical Activiti di OSU.


Kini, Loprinzi adalah seorang asisten profesor ilmu olahraga di Bellarmine University. Dia melakukan penelitian ketika dia menjadi mahasiswa di laboratorium Cardinal di OSU.


“Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi kegiatan rutin fisik dikaitkan dengan hasil kesehatan positif bagi pria dan wanita, namun ada kekuatan yang lebih besar dari asosiasi untuk wanita,” kata Loprinzi, seperti yang dilansir dari Telegraph.


Loprinzi menambahkan, mereka yang setidaknya mendapatkan 30 menit latihan sehari cenderung lebih kecil kemungkinannya menjadi depresi,  memiliki kolesterol tinggi dan cenderung kurang beresiko sindrom metabolik.


Hmm, apa benar begitu?




Sumber : Telegraph


Tidak ada komentar:

Posting Komentar