Sabtu, 22 Desember 2012

Telur Meningkatkan Kolestrol? (Seri Sajian Awet Muda #3)


[caption id="attachment_3617" align="aligncenter" width="258"]Telur. Photo from http://en.wikipedia.org/ Telur. Photo from http://en.wikipedia.org/[/caption]

Siapa tak kenal telur? Hampir setiap ibu rumah tangga memiliki persediaan telur di dapurnya. Dengan telur, tak perlu bingung memikirkan lauk apa yang akan dimasak setiap harinya. Banyak makan telur, takut sama kolestrol ah! Kekhawatiran tersebut sering muncul bagi mereka yang sangat aware dengan kesehatan. Sayangnya, kekhawatiran tersebut sama sekali tidak beralasan karena penelitian terkini menyebutkan bahwa kolestrol dari telur tidak akan beredar dalam darah. Bahkan kebanyakan lemak dalam telur adalah lemak tak jenuh tunggal yang justru menurunkan risiko penyakit jantung. Nah, loh.. masih khawatir? OK, kita baca lagi saja tulisan ini.


Telur, baik putih maupun kuningnya, merupakan senjata yang penuh gizi yang dapat menjauhkan kamu dari penuaan. Telur sarat dengan protein karena mengandung asam amino esensial lengkap yang penting sebagai bahan baku pembuatan sel-sel tubuh dari kulit, rambut, tulang, hingga otot.


Telur juga merupakan sumber mineral (seng), vitamin A, B, D, dan E. Seng membantu meningkatkan kekuatan sisem kekebalan tubuh dan juga sangat vital untuk produksi kolagen. Nah, kolagen ini sngat vital untuk memperoleh kulit yang sehat dan awet muda. Sedangkatn vitamin A dapat menjernihkan penglihatan, vitamin B memperkuat tulang, dan vitamin E menjaga kesehatan jantung. Telur juga mengandung selenium yang efektif meremajakan kembali sistem kekebalan tubuh serta melindungi jantung.


Kandungan lesitin dalam telur membuatnya penting sebagai makanan untuk otak, turut berkontribusi tidak hanya pada daya ingat dan konsentrasi, tetapi juga kesehatan emosional tubuh. Kuning telur merupakan sumber kolina terkaya yang berfungsi untuk membentuk membran sel dan membantu tubuh mengubah lemak menjadi asetilkolin. Astilkolin merupakan molekul daya ingat yang penting dalam otak.


Nah, ternyata banyak 'kan manfaat telur? Kaya manfaat, mudah dimanfaatkan pula.. Saking banyaknya resep memasak telur, Felisblog sampai bingung milihnya. Nah, kalau masker telur, pasti masih jarang yang dengar 'kan? Jadi, kali ini dalam seri sajian awet muda, Felisblog akan membagikan cara membuat masker telur. Tenang saja, jika masker ini tidak habis sekali pakai, kamu bisa masih bisa memasaknya sesuai dengan selera kamu :)


Campurkan madu, kuning telur, dan tepung kentang lalu aduk hingga membentuk pasta yang lembut. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher secara merata dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan dengan kapas dan air, kemudian keringkan. Ulangi proses ini setiap dua atau tiga kali dalam seminggu. Buat masker baru setiap kali kamu akan menggunakan masker telur.




Sumber : Merson, Sarah. The Top 100 Foods for a Younger You 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar