Minggu, 09 Desember 2012

Kaitan Kadar Vitamin D Pada Tubuh Anak Dengan Kesehatan Mental

Kaitan Kadar Vitamin D Pada Tubuh Anak Dengan Kesehatan Mental


[caption id="attachment_2411" align="aligncenter" width="300"]children_play_1218369c / photo from http://www.telegraph.co.uk Children Play. Image from http://www.telegraph.co.uk.[/caption]

Menurut para peneliti, anak-anak yang memiliki tingkat Vitamin D rendah lebih mungkin menderita depresi. Dan mereka yang memilik tingkat vitamin sinar matahari tertinggi memiliki resiko 10 persen lebih rendah terkena kesehatan mental.


Penemuan ini awalnya berasal dari proyek penelitian anak-anak yang diadakan tahun 90an yang dialakukan oleh University of Bristol.


Sekiranya sekitar 2700 anak-anak dilibatkan dalam penelitian ini, dengan cara mengamati tingkat vitamin D mereka pada usia 9 dan 13 tahun. Hasilnya, mereka dengan tingkat vitamin D terendah lebih cenderung menunjukan tanda-tanda depresi. Sedangkan bagi mereka yang memiliki tingkat yang lebih tinggi, lebih cenderug menunjukan penurunan gejala depresi di tahun-tahun remaja mereka.


Sumber utama vitamin D dibuat oleh aksi sinar matahari terhadap kulit, namun kita juga bisa mendapatkannya dari sumber lain, yakni pada ikan berminyak seperti tuna. Studi ini juga meneliti tingkat dua bentuk vitamin, D2 dan D3, dan menemukan keterkaitan anti depresi terkuat dengan D3.


Menurut peneliti utama Dr Anna-Maija Tolppanen, dari   Bristol University’s school of social and community medicine, masih diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum perubahan dalam praktek medis bisa direkomendasikan. Nah, karena sebentar lagi kita memasuki libur panjang, apa salahnya Anda menghabiskan liburan Anda dengan mengajak buah hati Anda bermain di taman, agar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Selain mengasyikan, tentu sangat menyehatkan, bukan? Selamat liburan..




Sumber : Daily Mail


Tidak ada komentar:

Posting Komentar