Kamis, 13 Desember 2012

Jangan Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan. Kenapa?

[caption id="attachment_3757" align="aligncenter" width="200" caption="brushing / photo from http://worldental.org"]brushing / photo from http://worldental.org[/caption]

Jika sebelumnya Anda sering menyikat gigi setelah makan, sepertinya mulai sekarang Anda harus menghindari itu. Karena menyikat gigi dalam waktu setengah jam setelah makan atau  minum secangkir kopi bisa merusak gigi menurut dokter gigi.

Setelah minum minuman bersoda atau asam, asam membakar ke dalam enamel gigi Anda dan lapisan di bawah enamel yang disebut “dentin”. Menyikat gigi pada waktu 20 menit setelah makan bisa mendorong asam lebih ke dalam gigi, korosi mereka jauh lebih cepat dari mereka membusuk dengan sendirinya.

Karena menurut Dr Howard R. Gamble, seorang presiden dari Academy of General Dentistry, mengatakan, dengan menyikat gigi Anda benar-benar bisa mendorong asam lebih dalam ke enamel dan dentin.

Studi menunjukan bahwa gigi menimbulkan korosi lebih cepat jika disikat pada setengah jam setelah konsumsi dari minuman ringan asam, yang “menelanjangi” mereka, sehingga menghilangkan mineral mereka. Bagi mereka yang baru saja makan makanan pedas, menunggu satu jam tampaknya cukup untuk menghindari efek negatif.

" Dapat disimpulkan bahwa untuk perlindungan permukaan dentin setidaknya 30 menit harus berlalu sebelum menyikat gigi setelah serangan erosif," tambahnya.

Sumber : Times of India

Tidak ada komentar:

Posting Komentar