Jumat, 28 Desember 2012

Ini Dia Nih Yang Bikin Gigi Kamu Kuning!


[caption id="attachment_4497" align="alignleft" width="300"]Tea. Photo from : http://mi9.com Tea. Photo from : http://mi9.com[/caption]

Selain wajah mulus dan rambut berkilau, gigi yang putih dan bersih juga jadi salah satu aset penting bagi penampilan. Namun, memiliki gigi putih cemerlang tidak mudah. Kebiasaan minum teh, soda atau mengonsumsi makanan berwarna bisa menyebabkan gigi kuning atau berwarna kecokelatan.


Apa saja makanan dan minuman yang bisa meninggalkan noda pada gigi? Berikut daftar dan cara mencegahnya, seperti dikutip dari Webmd:
1. Teh
Teh punya reputasi baik bagi kesehatan tapi tidak untuk menjaga gigi tetap putih. Teh meninggalkan noda lebih banyak pada gigi dibandingkan kopi. Saat minum teh, usahakan selalu gunakan sedotan agar tidak langsung mengenai gigi.


2. Saus
Saus bisa menambah kenikmatan pada makanan. Tapi beberapa jenis saus seperti kecap, saus sambal, saus tomat dan saus kari berpotensi meninggalkan noda pada gigi. Setelah makan, sebaiknya segera berkumur dan gosok gigi untuk meminimalisir noda yang menempel.


3. Minuman Energi
Penelitian terbaru menemukan bahwa minuman dengan kandungan asam tinggi, seperti minuman energi bisa mengikis enamel gigi yang mengakibatkan gigi mudah terkena noda. Saat olahraga, sebaiknya kurangi konsumsi minuman energi. Air putih akan lebih baik bagi kesehatan dan gigi Anda.


4. Buah Berry
Blueberry, blackberry, ceri, pomegranate, cranberry atau buah-buahan yang berwarna terang bisa menodai gigi. Jangan lupa selalu menyikat gigi dan gunakan floss usai mengonsumsinya.

5. Minuman Bersoda

Kandungan asam dan zat pewarna pada minuman bersoda cukup tinggi dan bisa menyebabkan gigi bernoda. Soda juga mengandung perasa dan pemanis buatan yang membuat gigi keropos. Batasi konsumsi minuman soda dan selalu gunakan sedotan untuk meminumnya.


6. Permen dan Gula-Gula
Permen dan gula-gula seperti permen karet, permen jelly, cokelat dan gula kapas mungkin hanya akan meninggalkan warna pada lidah. Tapi jika terlalu sering mengonsumsinya, warna itu juga akan menempel pada gigi Anda.


Tips khusus:




  • Untuk mencegah makanan menodai gigi, usahakan tidak terlalu mengunyah atau menyimpannya terlalu lama dalam mulut. Segera telan tapi jangan terburu-buru karena bisa membuat Anda tersedak.

  • Berkumurlah dan sikat gigi Anda minimal 30 menit setelah makan atau minum. Jika tidak memungkinkan, kunyah permen karet tanpa gula sesegera mungkin.



Sumber : Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar