Minggu, 23 Desember 2012

Bikin Masker Jeruk Bali Yuk! (Seri Sajian Awet Muda #4)


[caption id="attachment_4859" align="aligncenter" width="233"]Jeruk Bali Jeruk Bali[/caption]

Siapa sangka kalau jeruk bali bisa juga dibuat masker wajah? Selama ini kita terbiasa mengonsumsi jeruk bali sebagai buah saja. Paling banter, kulit jeruk bali dimanfaatkan untuk membuat mainan di masa kecil kita :).


Jeruk bali sarat akan antioksidan dan merupakan penawar racun yang ampuh. Oleh karena itu, jeruk bali sangat cocok dikonsumsi saat sarapan. Dengan kandungan vitamin C-nya yang melimpah, jeruk bali sangat bermanfaat untuk membuat kulit jadi awet muda. Varietas jeruk bali yang berwarna merah muda banyak mengandung kalium dan bioflavonoid. Kedua zat tersebut sangat penting untuk jantung dan peredaran darah, dan juga penting untuk kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pektin yang terdapat dalam buah ini juga dapat membantu menghilangkan kolestrol dalam tubuh. Jeruk bali juga kaya asam alfa hidroksi yang dapat menjadi pengencang efektif jika dioleskan langsung pada kulit.


Sudah nyata bukan manfaat jeruk bali untuk kecantikan kulit. Khusus untuk membuat masker jeruk bali, siapkan 1 buah jeruk bali ukuran kecil dan 1 wadah kecil yoghurt alami. Kupas jeruk bali dan belah sesuai juring. Buang baigan putih dan bijinya lalu masukkan ke blender. Campurkan yoghurt ke dalam blender lalu giling bersama jeruk bali sehingga lembut dan berbentuk pasta. Tuangkan campuran tersebut dalam mangkuk besar dan simpan dalam lemari es selama satu jam. Gunakan sebagai masker untuk wajah dan biarkan selama 10 menit, lalu bialas dengan air dingin.




Sumber: Merson, Sarah. The Top 100 Foods for a Younger You


Tidak ada komentar:

Posting Komentar