Selasa, 04 Desember 2012

Tips Sehat Membuat Juice Buah

[caption id="attachment_4693" align="aligncenter" width="300"]Fresh Fruit Juice. Image From Google Image. Fresh Fruit Juice. Image From Google Image.[/caption]

Kamu suka juice buah? Ternyata tak sembarangan lho cara membuat juice buah agar kita dapat memperoleh manfaat yang maksimal! Ini dia tips membuat juice buah ala Herba Magazine agar juice kamu tetap segar dan kaya manfaat:




  1. Sedapat mungkin, gunakan buah segar dari pertanian organik. Jika tidak tersedia, cuci atau sikatlah buah dengan air mengalir sampai bersih.

  2. Buah-buahan yang kulitnya berlilin atau mengandung residu kimia sebaiknya dikupas, misalnya pada apel, pisang, dan tomat. Kamu tidak perlu melakukan ini jika yakin bahwa kulit buah tersebut bebas dari residu kimia/lilin, apalagi nutrisi tertinggi buah apel disinyalir berada tepat di bawah lapisan kulitnya.

  3. Keluarkan seluruh biji buah-buahan.

  4. Jangan mengombinasikan terlalu banyak buah karena dapat mengurangi cita rasa.

  5. Beberapa jenis buah perlu diencerkan dengan air agar tidak terlalu pekat.

  6. Untuk menambahkan cita rasa, jus bisa diberi madu atau rempah seperti jahe, cengkeh, bubuk kayu manis, dan lain-lain sesuai dengan keperluan dan selera.Tidak dianjurkan mencampur jus dengan gula. Menurut survey di Universitas Glasgow, Inggris, kebanyakan orang Inggris justru mengalami obesitas karena terlalu banyak mengonsumsi jus buah yang dicampur dengan gula. Jika memang harus menggunakan gula, batasilah pemakaiannya. Dalam satu hari, maksimal kadar gula murni yang diperbolehkan masuk tubuh agar tetap sehat adalah 50 gram. Adapun, satu sendok the gula sama dengan 4 gram.

  7. Sebaiknya jus buah diminum saat perut dalam keadan kosong. Saat perut kosong, nutrisi akan cepat diserap oleh tubuh. Kondisi yang sama juga dianjurkan ketika kamu ingin mengonsumsi jamu, multivitamin, dan sebagainya. Asal bukan minum obat yang diresepkan untuk diminum setelah makan ya.



 Sumber: Herba Magazine, Maret 2002 | viva.co.id | wajahfemina.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar