Kamis, 06 Desember 2012

Resep Alami Tetap Cantik dan Awet Muda (Bagian 1)


[caption id="attachment_4711" align="aligncenter" width="300"]Image From myhealthguardian.com. Image From myhealthguardian.com.[/caption]

Wanita mana yang tak ingin selalu terlihat cantik dan awet muda? Wajah berseri-seri dan kulit kencang yang menyembunyikan usia asli bisa jadi impian setiap wanita. Bagi mereka yang berdompet tebal, impian tersebut mudah saja diwujudkan dengan semakin majunya teknologi kecantikan saat ini. Bagi mereka yang harus mengirit pengeluarannya, resep-resep alami dalam artikel ini bisa jadi alternatif solusinya.


Agar wajah tampak tetap muda, di antara yang bisa kita lakukan adalah berolah raga secara teratur setiap pagi, mengatur pola makan sesuai dengan kondisi kesehatan, memenuhi kalori sesuai aktivitas kita, memperbanyak makan buah dan sayur, serta minum air putih sebanyak dua liter per hari. Selain itu, resep pertama untuk cantik dan awet muda adalah JERUK NIPIS. Apa saja sih khasiat jeruk nipis?




  • Awet Singset


Jeruk nipis memiliki khasiat besar untuk perawatan kecantikan ketika ia dimanfaatkan secara langsung atau dengan mengonsumsinya sebagai minuman. Sebagai minuman, jeruk nipis dapat menjaga tubuh agar tetap singset dan segar karena ia dapat melarutkan lemak yang menumpuk di sel-sel tubuh. Selanjutnya, lemak yang terlarut akan dihancurkan dan dibuang melalui air kencing. Hanya satu yang perlu diperhatikan, pastikan mengencerkan jeruk nipis dengan air sebelum mengonsumsinya agar tidak merusak gigi karena kadar asamnya yang sangat tinggi.




  • Wajah Berseri-seri


Campurkan empat sendok makan air perasan jeruk nipis dengan setengah cangkir susu segar. Diamkan sebentar agar terbentuk gumpalan-gumpalan, lalu ambil kapas dan celupkan ke dalam campuran tadi untuk dilulurkan pada kulit muka secara merata. Biarkan mengering di muka, lalu bersihkan dengan air hangat agar pori-pori membuka. Selanjutnya, bersihkan menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air es agar pori-pori menutup kembali.




  • Menghilangkan Jerawat


Jerawat biasanya disebabkan oleh penumpukan lemak di bawah kulit atau karena infeksi akibat proses pembersihan wajah yang tidak tuntas. Selain itu, jerawat juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon dan kelenjar minyak akibat perubahan psikis/kejiwaan. Khasiat jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat tentu sudah masyhur di telinga kita mengingat banyaknya produk minyak jeruk nipis dalam kosmetik penghilang jerawat. Bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah? Irislah jeruk nipis dan gosoklah pada bagian yang berjerawat sampai bersih lalu biarkan mengering. Sementara itu, selama proses penghilangan jerawat, hindarilah atau kurangi konsumsi makanan berlemak seperti gorengan dan kacang. Jika jerawat mulai muncul lagi, bersihkan dan gosok dengan kapas yang sudah icelup air perasan jeruk nipis. Untuk perawatan sehari-hari, campur air mawar dan air jeruk dengan perbandingan 1:1.


Bagaimana, mudah bukan? Jangan hanya dibaca, ayo dipraktikkan! Masih ada lagi beberapa resep alami untuk tetap cantik dan awet muda. Mau tahu? Ikuti terus update artikel di Felisblog.




Sumber: Herba Magazine, Agustus 2002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar