Senin, 24 Desember 2012

Koktail Sayur Pedas (Seri Sajian Awet Muda #5)


[caption id="attachment_4866" align="aligncenter" width="200"]Tomat. Image from : khasiatbuah.com Tomat. Image from : khasiatbuah.com[/caption]

Nah, sajian awet muda kita kali ini berbahan utama tomat. Buah yang satu ini tentu sering kamu temukan di dapur kan? Tomat sarat dengan karotenoid, khususnya likopen yang membuat tomat memiliki daya antikarsinogenik yang unik.


Likopen menetralisasi radikal bebas sebelum mereka menyebabkan kerusakan sehingga kamu akan terjauhkan dari beragam kondisi negatif mulai dari kulit keriput sampai serangan jantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likopen memiliki efek antikarsinogenik dua kali lebih dahsyat daripada beta-karoten. Tomat juga kaya vitamin C yang mendukung daya kerja jaringan konektif dalam tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, tomat pun mengandung sedikit zat besi. Tahukah kamu, bahwa zat besi yang disertai vitamin C akan lebih mudah diserap sehingga deapat membantu mencegah anemia dan kelelahan akut.


Selama ini, tomat sering dimanfaatkan untuk campuran masakan ataupun dikonsumsi begitu saja sebagai buah. Sekarang, penulis akan mencoba membagikan resep Sarah Meson yang ia tuliskan dalam bukunya The Top 100 Foods for a Younger You. Ia membuat sebuah koktail pedas dari tomat. Bahan-bahan untuk membuat koktail ini sangat mudah dan dapat ditemukan di sekitar kita. Satu-satunya yang agak asing mungkin adalah garam seledri. Garam seledri adarah campuran garam dengan seledri tumbuk yang biasa dipergunakan sebagai bumbu.


OK, inilah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat koktail pedas dari tomat: 4 buah tomat matang, 4 buah mentimun ukuran kecil, 8 batang seledri dan daunnya, saus cabai pedas sesuai selera, garam seledri (opsional), dan kubus es.


Untuk membuatnya, pertama kali potong tomat kecil-kecil dan iris mentimun tipis memanjang. Selanjutnya, buang ujung batang atas seledri, simpan empat batang untuk garnis. Kemudian masukkan tomat, mentimun, dan batang seledri ke dalam juicer untuk diekstrak sarinya. Lapisi mulut 4 gelas tinggi dengan garam seledri dan tuangkan jus dalam gelas tersebut. Tambahkan saus pedas untuk menambah cita rasa, dan juga beberapa kubus es. Aduk rata, beri garnis dengan bagian ujung atas seledri dan sajikan segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar