Rabu, 05 Desember 2012

Resep Enak untuk Penderita Hipertensi


[caption id="attachment_4690" align="aligncenter" width="300"]Hipertensi. Image From darahtinggi.info. Hipertensi. Image From darahtinggi.info.[/caption]

Penyakit hipertensi alias tekanan darah tinggi rasanya semakin banyak saja diderita oleh manusia. Tidak muda, tidak tua, di pedesaan, maupun di perkotaan... Herannya, masih banyak yang tidak mengontrol makanan dan emosinya walau sudah mengetahui penyakit yang ia alami. Apalagi, hipertensi sering dikaitkan dengan harus menghindari makanan yang enak-enak. Kali ini, Felisblog akan mencoba berbagi berbagai resep enak untuk para penderita hipertensi. Kalau masih malas juga... Wah, kebangetan deh!


1. Belimbing manis


Belimbing manis merupakan buah yang lumrah ditemukan di mana saja. Tak hanya enak, belimbing manis pun kaya akan manfaat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Belimbing Manis bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah sariawan. Kamu dapat mengonsumsi belimbing segar atau dibuat juice. Untuk pengobatan, minumlah segelas juice belimbing dua kali sehari.


2. Blewah


Blewah mengandung banyak kalium, provitamin A, dan juga serat makanan. Selain untuk menurunkan tekanan darah, daging blewah dapat meningkatkan imunitas tubuh serta menyehatkan fungsi ginjal dan limpa. Bagi penderita hipertensi, minumlah juice blewah sebanyak yang Anda suka. Sebagai pemanis, dapat ditambahkan 1-2 sendok makan madu kelengkeng untuk setiap gelas.


3. Belimbing wuluh


Belimbing jenis ini biasanya tidak dikonsumsi begitu saja, tapi dimanfaatkan sebagai sayur. Rasanya yang asam memberikan aroma khas pada masakan. Rupanya, belimbing wuluh juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dengan berbagai kandungannya seperti saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat. Salah satu khasiat belimbing wuluh adalah untuk mengobati hipertensi. Caranya, ambil tiga buah belimbing wuluh lalu buatlah juice dengannya menggunakan segelas air. Tambahkan madu murni sebagai pemanis dan minumlah dua kali sehari masing-masing satu gelas.


4. Mengkudu


Mengkudu yang pada zaman dulu dianggap sebagai buah terbuang dengan rasa yang tidak enak kini dianggap sebagai harta karun di dunia herbal. Bagaimana tidak? Segudang manfaat terkandung dari buah yang sering tumbuh secara liar ini. Nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh bisa ditemukan dalam buah maupun daun mengkudu, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral-mineral esensial. Selenium adalah salah satu contoh mineral yang banyak terdapat pada Mengkudu dan merupakan antioksidan yang hebat. Untuk mengobati hipertensi, ambil dua buah mengkudu alias pace dicuci bersih lalu diparut. Peras parutannya lalu disaring. Sari mengkudu lebih enak diminum bila ditambah dengan maduh. Minumlah dua kali sehari.


5. Cuka apel dan bawang putih


Air, karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin-vitamin (A, C, B1, B2, B6), asam folat, pantothedin, panthotenic, sodium, kalsium, magnesium, seng, mangan, kalium, fosfor, besi, dan tembaga. Apa ini maksudnya? Benar, itulah nutrisi yang terkandung dalam cuka apel! Bawang putih pun telah terbukti memiliki banyak manfaat, salah satu manfaatnya yang paling terkenal adalah sebagai antioksidan. Tak heran jika ternyata perpaduan antara kedua bahan ini bisa digunakan sebagai salah satu resep obat hipertensi. Caranya, masukkan 10 siung bawang putih dan 100 gram gula pasir ke dalam 2 cangkir cuka apel.


Bagaimana, tampak enak bukan? Eits.. bukan hanya penderita hipertensi yang boleh mengonsumsi bahan-bahan di atas. Kamu-kamu yang sehat pun bisa mencoba mencicipinya. Tertarik? Selamat mencoba!


 
Sumber: Herba Magazine, Maret 2002 | id.wikipedia.org | deherba.com | cukaapel.com | pondokibu.com | indonesiaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar